Detail Pengumuman

Lomba Foto dan Melukis Tong Sampah Memeriahkan HUT Pariwisata

  • Selasa 16 September 2014
  • Dibaca: 2627 Pengunjung

Dalam rangka memeriahkan HUT Pariwisata Internasional pada 27 September 2014, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menggelar sejumlah perlombaan, salah satunya lomba dan pameran foto bertema “Kehidupan Anak-anak” (Childrens Life;s). Tema ini dipilih, selain untuk menanamkan rasa peduli anak-anak terhadap kelangsungan pariwisata, juga dikaitkan dengan predikat Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

Lomba dan pameran foto memang menjadi favorit dari tahun ke tahun. Selain sebagai wadah berkumpulnya para pecinta seni fotografi di Gianyar, lomba ini tentu menjadi ajang saling bertukar pikiran dan pengalaman seputar seni foto. Hingga hari ke-10 pendaftaran, peserta sudah mencapai puluhan. Tahun lalu, lomba ini diikuti 70 peserta.

Peserta lomba foto sudah bisa mendaftar di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Jl. Ngurah Rai No. 9 Gianyar, 7 – 25 September 2014 setiap hari kerja. Peserta terbuka untuk umum dengan melampirkan fotocopy identitas diri.

Karya foto berupa digital files/soft copy dengan menuliskan nomor urut, nama peserta, judul foto. Karya foto tidak diperkenankan bernuansa SARA, sadisme dan pornografi, karya foto belum pernah dimuat di media massa dan belum pernah menang dalam perlombaan. Obyek foto wajib diambil di wilayah Kabupaten Gianyar.

Tema utama foto “Children Live’s” dengan dua katagori sub tema yakni Human Touch dan Children & Nature. Peserta diharapkan memilih salah satu katagori tersebut atau bisa mengikuti kedua katagori tersebut

Setiap peserta menyerahkan maksimal 3 buah karya foto dengan ukuran 10 R/RW. Editing foto-foto yang diserahkan diperkenankan sebatas pada perbaikan foto seperti dodging, burning, level/curve, brightness-contrast, channel mixer, yang semua itu untuk tujuan penyempurnaan pembuatan. Hasil karya pesera akan dipajang pada pameran foto yang akan dilaksanakan pada puncak Hari Pariwisata Internasional. Pemenang  lomba foto disediakan penghargaan berupa tropy, piagam dan uang pembinaan.

Selain lomba foto,  juga dilaksanakan cerdas  cermat tingkat SD dan SMP, melukis tong sampah di obyek wisata remaja Bukit Jati, lomba busana adat ke pura berpasangan, lomba mewarnai anak-anak TK, gerakan anak-anak peduli lingkungan dengan menanam pohon di kawasan Bukit Jati, pelantikan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di Taman Nusa, penyuluhan dan pembinaan  Kelompok Sadar Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar A.A. Ari Brahmanta mengatakan, dipilihnya tema seputar kehidupan anak-anak pada HUT Pariwisata Internasional tahun 2014 ini, untuk mengajak anak-anak mencintai lingkungannya, baik seni, budaya dan pariwisata sehingga diharapkan pembangunan di bidang tersebut bisa berkelanjutan. Apalagi sebagian besar pendapatan asli daerah (PAD) berasal dari pariwisata. Selain itu, bertujuan untuk mendukung Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Kegiatan dan lomba ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan pembangunan pariwisata bisa berkelanjutan,” imbuh Ari Brahmanta. (Humas Gianyar/ww)


Pengumuman Terkait Lainnya

Cari Pengumuman