Detail Berita

Profil

  • Kamis 07 Maret 2013
  • Dibaca: 559 Pengunjung
Profil

Pulau Bali terkenal dengan keunikannya. Predikat sebagai Pulau Dewata memang layak disandang. Pada tiap sudut menurut tatanan nilai yang ada di Bali terdapat banyak pura, tempat suci yang merefleksikan sembah sujud kepada berbagai manifestasi dan fungsinya. Keunikan dan keramahan penduduk Bali menjadikan pulau ini sebagai daerah tujuan wisata internasional.

Kabupaten  Gianyar sebagai salah satu kabupaten dari 9 (sembilan) Kabupaten/ Kota di Bali, oleh banyak kalangan dikenal sebagai "roh"nya Bali. Kabupaten ini kaya akan nilai-nilai adat istiadat, kesenian, keindahan alam, warisan purbakala dan kerajinan seni. Potensi ini juga membawa Gianyar berpredikat sebagai gudang seniman. Sejarahpun telah membuktikan kalau Gianyar banyak melahirkan maestro seni, baik seni patung, seni lukis, seni tabuh, seni tari dan sebagainya. Warisan seni dan budaya yang tak ternilai itupun hingga kini masih berkembang seiring semangat ngayah masyarakat Gianyar dalam pengebdiannya sebagai insan ciptaan Tuhan.

Gianyar  juga terkenal dengan objek-objek wisata. Misal kawasan wisata Goa Gajah, Tampak Siring, Gunung Kawi, Kawasan Wisata Gajah di Desa Taro, Bali Zoo Park, pusat-pusat perbelanjaan kerajinan seni, seperti Pasar Seni Sukawati dan Guang serta berbagai obyek wisata lainnya. Demikian juga aktivitas agama, adat dan budaya, sudah menjadi keseharian masyarakat Gianyar, hingga menarik bagi wisatawan sebagai atraksi wisata budaya

Untuk hasil Pertanian, Kabupaten seni ini tidak kalah dengan kabupaten lainnya. Hingga kini Gianyar masih mampu mempertahankan produksi beras dan hasil komoditi pertanian lainnya. Keseniannya ini tentu tak lepas dari kerja keras pemerintah dan masyarakat yang memiliki semangat tinggi untuk membangun.

Lebih jauh untuk mengetahui tentang potensi Gianyar ini, hanyalah sajian selintas dari sekian banyak potensi yang patut disajikan dan diketahui ke tengah publik. Namun demikian sajian Selayang Pandang Profil Kabupaten Gianyar ini sangat berarti bagi semua pihak untuk diketahui dan dicatat tentang Gianyar secara umum.

[html-sitemap depth=2 child_of=CURRENT]

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita