Detail Berita

Ny. Surya Adnyani Mahayastra Tinjau Pembuatan Dupa di Tampaksiring

  • Jumat 17 September 2021
  • Dibaca: 96 Pengunjung
Ny. Surya Adnyani Mahayastra Tinjau Pembuatan Dupa di Tampaksiring

Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra meninjau pembuatan dupa Kader PKK Desa Tampaksiring, didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Luh Gede Eka Suary, Kepala Dinas Sosial I Wayan Arsana, Camat Tampaksiring Pande Made Suweda serta Kepala Desa Tampaksiring I Made Widana, Kamis, (16/09/2021).

Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, seperti yang bekerja di perhotelan, restoran, artshop dan yang lainnya. Dengan situasi seperti ini, TP. PKK Kabupaten Gianyar melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang tertuang dalam 10 program pokok PKK, yaitu pada POKJA II (pendidikan dan pelatihan). “Sehingga kami mengambil pelatihan pembuatan dupa bagi kader-kader PKK yang ada di Kabupaten Gianyar.  Dalam hal ini ada 4 desa yang sudah dilatih oleh TP.PKK Kabupaten Gianyar diantaranya Desa Melinggih Kelod Kecamatan Payangan, Desa Ketewel Kecamatan Sukawati, Desa Mas Kecamatan Ubud, dan Desa Tampaksiring Kecamatan Tampaksiring,” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Program Pelatihan Pembuatan Dupa merupakan program inovasi yang diberikan kepada kader-kader PKK desa untuk meningkatkan ekonomi kerluarga, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat maka itu yang dibuat kader-kader PKK. Bukan saja pelatihan yang diperoleh kader-kader PKK, tetapi juga memberikan modal yang bersumber dari CSR yang ada di Kabupaten Gianyar.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menekankan komitmen kader-kader PKK di 4 Desa serta Ketua PKK Desa. “Komitmen kader yang sangat penting, dimana komitmen harus jelas, mau gak dilaksanakan, mau gak dikembangkan,” tegas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Selain Program Pelatihan pada POKJA II, juga ada program Aku Hatinya PKK pada POKJA III yaitu amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman di halaman pekarangan, merupakan program pemanfaatan halaman rumah tangga yang kosong dengan konsep taman dengan menanam sayur-sayuran maupun buah-buahan, sesuai dengan harapan Ketua TP. PKK Provinsi Bali.

Ketua TP. PKK Desa Tampaksiring Ni Wayan Rasmini merasa terbantu karena banyak kader PKK yang kehilangan pekerjaan dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya program inovasi dari TP. PKK Kabupaten Gianyar, ibu-ibu kader PKK dapat memperoleh penghasilan guna meningkatkan perekonomian keluarga.

Dari modal awal dupa mentah sebanyak 60 Kg dan parfum 20 Liter, serta peralatan seperti timbangan dan lainnya yang diberikan, kini kelompok PKK Desa Tampksiring sudah bisa memproduksi dupa sendiri. Adapun aroma dari dupa yang diproduksi dari kelompok binaan TP. PKK yaitu aroma wangi cendana dan aroma cempaka. Dirinya berharap kedepannya produksi dan pemasaran dari dupa binaan PKK dapat berkembang, sehingga dapat memberikan pekerjaan bagi kader-kader PKK.

Kepala Desa Tampaksiring I Made Widana berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar khususnya kepada Bupati dan Ketua TP. PKK Kabuapten Gianyar, dimana Desa Tampaksiring menjadi binaan program inovasi dari dari TP. PKK Kabupaten Gianyar. Dirinya sangat mendukung ibu-ibu yang ada di desa agar bisa mengikuti program inovasi ini.

I Made Widana berharap program seperti ini semoga bisa berlanjut, bukan hanya di kondisi pademi seperti sekarang tetapi jika kondisi normal bisa menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga serta dapat menjadi wirausaha mandiri. “Tentu saja kami akan mendukung, melalui program-program yang ada di desa yang mengikuti program-program di kabupaten yaitu inovasi di bidang UMKM,” kata Made Widana.

 

*teks: eka

*foto: lanus

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita