Detail Berita

Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar

  • Sabtu 14 Agustus 2021
  • Dibaca: 33 Pengunjung
Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar

Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Jadi Provinsi Bali yang ke-63, di halaman kantor Bupati Gianyar, Sabtu (14/8/21). Upacara peringatan dengan tema “Tumbuh dan Bangkit dalam Tatanan Bali Era Baru sesuai Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali”,  tersebut dipimpin Bupati Gianyar, I Made Mahayastra.

Bupati Mahayastra yang membacakan sambutan dari Gubenur Bali mengatakan  peringatan Hari Jadi ke-63 Provinsi Bali menjadi momentum penting memaknai dinamika, pencapaian, dan tantangan pembangunan Daerah Bali. Dalam 63 tahun perjalanan pembangunan Bali, tidak terlepas dari sejarah peradaban Bali yang panjang serta berbagai tantangan skala lokal, nasional, dan global yang dialami Bali telah menimbulkan dampak terhadap alam, krama, dan kebudayaan Bali. Kini pemerintah Provinsi Bali  mengajak seluruh Krama Bali mewujudkan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali ” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, menuju Bali Era Baru ”.

Dimana Bali Era Baru, merupakan suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru; Bali yang Kawista, Bali kang tata-titi tentrem kerta raharja, gemah ripah lohjinawi, yakni tatanan kehidupan holistik yang mencakup tiga aspek utama, yaitu: Alam, Krama, dan Kebudayaan Bali, berdasar nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yaitu: Atma Kerthi (Penyucian Jiwa), Segara Kerthi (Penyucian Laut), Danu Kerthi (Penyucian Sumber Air), Wana Kerthi (Penyucian Tumbuh-tumbuhan), Jana Kerthi (Penyucian Manusia), dan Jagat Kerthi (Penyucian Alam Semesta) serta diwujudkan melalui lima Bidang Prioritas Pembangunan.

Bidang Prioritas tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terintegrasi dan terkoneksi; pembangunan perekonomian Bali yang kokoh dan berimbang; serta sistem keamanan terpadu berbasis desa adat

Bupati Mahayastra bersyukur, walaupun Pandemi Covid-19 masih melanda, capaian, dan prioritas pembangunan tetap dapat berjalan sesuai rencana. Sampai saat ini banyak  regulasi strategis pembangunan. Regulasi tersebut merupakan landasan hukum yang sangat strategis dan fundamental dalam pelaksanaan pembangunan menuju Bali Era Baru.

Bupati Mahayastra mengingatkan, di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan munculnya varian baru, mari kita bersama-sama saling mengingatkan, saling menjaga, dan saling melindungi dengan lebih disiplin dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan protokol tatanan kehidupan era baru, yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga imun, mengurangi bepergian, dan menaati peraturan pemerintah.

Acara peringatan Hari Jadi Provinsi Bali juga dirangkaikan dengan acara pelantikan pengurus Komunitas Peduli Sumber Daya Air Kabupaten Gianyar serta pelepasan bibit ikan di bendungan Desa Siangan Gianyar.

 

*teks: eka

*foto: fajar

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita