Detail Berita

TP. PKK Kabupaten Gianyar Mengadakan Webinar Serangkaian Bulan Bung Karno

  • Selasa 29 Juni 2021
  • Dibaca: 44 Pengunjung
TP. PKK Kabupaten Gianyar Mengadakan Webinar Serangkaian Bulan Bung Karno

Serangkaian Bulan Bung Karno III tahun 2021,  dan Implementasi Perbup 47 tahun 2020 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber, TP. PKK Kabupaten Gianyar melalui kegiatan di Pokja IV (kesehatan keluarga dan lingkungan), bahwa untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan serta menuntaskan masalah sampah rumah tangga di lingkungan masing-masing, TP. PKK mengadakan Webinar tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga. Turut hadir Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Kepala OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar, narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Yayasan Mandhara Research Institute (Geria Luhu Beng), dan Komunitas Eco Enzim Gianyar.
Sekretaris TP. PKK Kabupaten Gianyar Ni Wayan Sriyani yang membacakan sambutan dari Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar mengatakan sebagaimana yang tertuang dalam 10 program Pokok PKK khususnya Pokja IV yaitu Kesehatan Keluarga dan Lingkungan. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis yang terpadu yang dilakukan yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup, meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.
Berbagai regulasi sudah dikeluarkan oleh pemerintah mulai dari Perundang-undangan, Peraturan Gubernur, dan Peraturan Bupati. Maka sebagai bentuk Implementasi dari regulasi  serta sejalan dengan pelaksanaan kegiatan di Pokja IV, maka sudah sepantasnya kader PKK sebagai mitra kerja pemerintah untuk selalu bergerak dan mengedukasi masyarakat untuk selalu memperhatikan keberadaan sampah. “Intinya sampah hendaknya dikelola mulai dari sumbernya dan dipilah, dengan tujuan agar sampah tidak mencemari lingkungan dan menggunung di TPA” ujarnya.
Dengan jumlah rata-rata sampah per hari bisa mencapai 428 ton, Ni Wayan Sriyani berharap agar para peserta webinar dapat mengikuti dan menyimak dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan oleh narasumber dan selanjutnya agar mensosialisasikan serta menerapkan di wilayahnya masing-masing.
Webinar serangkaian dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga, menghadirkan 3 narasumber terdiri dari Ida Bagus Mandhara Brasika merupakan Founder Yayasan Mandhara Research Institute (Geria Luhu Beng), Ni Made Mirnawati sebagai narasumber dari DLH Kabupaten Gianyar (TPS3R), Ida Ayu Rusmarini dari Komunitas Eco Enzim.

 

*teks: eka

*foto: lanus

 

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita