Detail Berita

Peringatan HKG PKK Provinsi Ke-37 Dipusatkan di Gianyar

  • Kamis 07 Januari 2010
  • Dibaca: 284 Pengunjung
Peringatan HKG PKK Provinsi Ke-37 Dipusatkan di Gianyar

Peringatan HKG PKK ke-37 Provinsi Bali tahun 2009 dipusatkan di wantilan pura puseh desa pekraman Batuan, Sukawati Gianyar (6/1). Peringatan HKG PKK yang dirangkai dengan penutupan Posyandu Paripurna dan Posyandu Lansia tersebut mengambil tema “Melalui HKG PKK Kita Tingkatkan Kinerja Tim Penggerak PKK  Dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sehat Sejahtera.”

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Bali, Jajaran Muspida Provinsi Bali, Walikota Denpasar, Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, Jajaran Muspida Gianyar, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar serta TP PKK Se-Bali. Peringatan HKG PKK kali ini dimeriahkan dengan aneka kegiatan dan lomba yang sudah dilaksanakan sejak tiga bulan lalu di masing-masing kabupaten/kota.

Pada Peringatan HKG PKK ini juga digelar pameran hasil produksi dari TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gianyar, pameran lukisan hasil kreasi anak-anak pemenang lomba melukis, serta senam lansia hasil binaan TP PKK Provinsi. Ketua panitia, Sunendra, dalam laporannya menyebutkan bahwa puncak penyelenggaraan HKG PKK Provinsi setiap tahun diselenggarakan secara bergiliran di kabupaten-kabupaten/kota di Bali, dan untuk tahun 2009 dipilih diselenggarakan di Gianyar. Lebih lanjut dijelaskan tujuan dari peringatan HKG kali ini salah satunya adalah untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dalam sambutannya, Ketua Umum TP PKK yang dibacakan oleh Nyonya Ayu Pastika menghimbau agar momentum peringatan seperti ini memotivasi dan menggelorakan semangat para kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Sedang Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dalam ucapan selamat datangnya menyampaikan bahwa gerakan PKK sebagai mitra pemerintah selama ini telah cukup banyak berbuat dan diakui peran serta keberhasilannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.  Gerakan PKK ikut berperan aktif dalam mewujudkan SDM yang berkualitas dan membentuk keluarga yang sejahtera, mandiri, berwawasan ke depan, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menyampaikan, dengan luasnya jangkauan program PKK maka melalui optimalisasi peran dan fungsi Kelompok Dasa Wisma diharapkan eksistensinya akan turut mendukung dan menyukseskan berbagai program pemberdayaan keluarga dan masyarakat yang diluncurkan pemerintah misalnya program PNPM. Lebih lanjut Mangku Pastika menjelaskan sebagai sebuah gerakan sosial kemasyarakatan, PKK diharapkan dapat berperan maksimal dalam mengatasi permasalahan seperti meningkatnya kenakalan remaja, seks bebas, kriminalitas, persoalan gender, KDRT, penyalahgunaan obat terlarang, dan masalah sosial lainnya. Dikatakan juga bahwa peringatan HKG kali ini bertepatan dengan peluncuran beras bersubsidi tahun 2010 oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI secara nasional yang dipusatkan di Jawa Barat. Oleh sebab itu peringatan HKG kali ini merupakan momen yang sangat tepat memaduserasikan peringatan HKG, Penutupan Posyandu Paripurna dan Lansia Binaan TP PKK Provinsi Bali Tahun 2009 serta Peluncuran Beras Bersubsidi tahun 2010 untuk Provinsi Bali yang dipusatkan di Kabupaten Gianyar.

Dalam Peringatan HKG ini juga diserahkan berbagai penghargaan kepada para pemenang lomba yang diikuti oleh TP PKK Se-Bali. TP PKK Kabupaten Gianyar, TP PKK Kabupaten Klungkung, dan TP PKK Kabupaten Badung. Peraih penghargaan tersebut, diantaranya TP PKK Desa Singapadu Kecamatan Sukawati, TP PKK Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan, dan TP PKK Desa Plaga, Badung. Tampak Sumringah, ketika dipengujung even ini berhias gelak tawa audien, oleh karena penampilan Bondres I Ketut Kodi, Cs.(iba)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita